Mulyana, Bek yang Pernah Jadi Pencetak Gol Tersubur Persib

Mulyana diapit Nandang Kurnaedi dan Herrie Setiawan @kangope

NAMA Mulyana sudah ada dalam daftar skuad Persib asuhan Indra M. Tohir tandang makalangan di Kompetisi Perserikatan 1993/1994. Meski Bulao tampil sebagai kampiun, Mulyana masih menjadi “anak bawang”. Namanya tenggelam di tengah deretan bintang seperti Robby Darwis, Sutiono Lamso, Kekey Zakaria, Yusuf Bachtiar, Dede Iskandar dan Yudi Guntara.

Nama Mulyana baru menyeruak ke permukaan saat Persib menjuarai Liga Indonesia (LI) I/1994-1995. Maklum, pelatih Indra M. Tohir sudah memberikan kesempatan besar kepadanya untuk unjuk kemampuan, meski sederet nama besar masih menghuni skuad Maung Bandung.

Momentum final LI I/1994-1995 di Stadion Utama Senayan Jakarta, 30 Juli 1995, tentu saja sangat berkesan buat gelandang Persib asal Subang itu. Sebab, ia dipercaya tampil 90 menit untuk mengawal lini belakang bersama Robby Darwis dan Yadi Mulyadi. Berkat kolaborasinya, gawang Persib tetap clean sheet dan tampil sebagai kampiun setelah mengalahkan Petrokimia Putra 1-0.

Setelah itu, pemain yang diidentikan dengan jersey bernomor punggung 12 — sebelum berganti ke nomor 29 — tersebut, selalu menjadi bagian inti Persib, meskipun kursi kepelatihan berganti.

Mulyana mengakhiri kiprahnya bersama Persib pada Liga Indonesia (LI) VII/2001. Bersama pelatih yang mengorbitkannya, Indra M. Tohir, Mulyana membantu Persib lolos ke babak 8 Besar.

Selain juara Kompetisi Perserikatan 1993/1994 dan LI I/1994-1995, hal yang menjadi catatan dalam karier Mulyana adalah ketika ia menjadi pencetak gol terbanyak Persib pada LI VI/1999-2000 dengan 5 gol. Ia mengalahkan para striker Persib seperti Sujana, Heru Saptaji dan Tatang Supriatna.

DATA DIRI

Nama: Mulyana
Kelahiran: Subang
Tinggi/Berat:
Posisi: Belakang
Persib: 1993-2001
No. Punggung: 12 dan 29
Caps Persib:
Gol Persib: 9

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Mulyana, Bek yang Pernah Jadi Pencetak Gol Tersubur Persib"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*