Ade Abdillah, Zinedine Zidane dari Tidore

Gelandang Persib, Ade Abdillah berduel dengan pemain Persikabo, Han Young Kuk pada pertandingan lanjutan Liga Indonesia (LI) VII/2001. @LalajoPersib

ADE ABDULLAH dalah seorang gelandang yang mewarnai perjalanan Persib di Liga Indonesia (LI) VI/1999-2000 hingga LI VIII/2002. Sebelumnya, pemain yang kemudian juga lekat dengan nama Ade Abdillah ini, merupakan andalan PSBL Bandar Lampung.

Menjelang LI VI/1999-2000 bergulir, Ade diboyong pengurus Persib bersama Patwawi melalui PS IPI. Sebagai gelandang yang permainannya kerap disamakan dengan bintang Prancis, Zinedine Zidane, tidak lama buat Ade untuk dipercaya pelatih Suryamin.

Meski demikian, kiprah Ade di Persib tidak terlalu mulus. Maklum, di tangan Suryamin, Persib malah terpuruk. Tanpa kemenangan di lima laga pembuka membuat Suryamin harus lengser dan posisinya digantikan Indra M. Tohir.

Bersama Tohir, nama Ade malah semakin berkibar. Gol pertamanya menandai kebangkitan Persib sepeninggal Suryamin. Bertanding di Stadion Siliwangi, 16 Januari 2000, Persib menundukkan PSDS Deli Serdang dan Ade mencetak gol penyeimbang pada menit 51, sebelum Sujana memastikan kemenangan Persib pada menit 63.

Pada musim ini, Ade menyumbangkan 2 gol untuk Persib. Satu gol lainnya dicetak ke gawang PSPS Pekanbaru di Stadion Siliwangi, 20 Januari 2000. Saat itu kedua tim bermain imbang 1-1.

Puncak penampilan Ade bersama Persib terjadi pada LI VII/2001. Bukan karena mampu mengantarkan Persib lolos ke 8 Besar, sepanjang musim Ade juga menjadi pilar lini tengah Bulao, bersama legenda Yusuf Bachtiar yang comeback. Pada musim itu, Ade menyumbangkan empat gol.

Ketika tongkat kepelatihan berganti ke tangan Deny Syamsudin, Ade masih dipertahankan. Sayang, nama Ade tenggelam di antara beberapa pemain anyar yang didatangkan seperti Ansyari Lubis dan Yaris Riyadi.

DATA DIRI

Nama: Ade Abdillah
Panggilan: Ade
Kelahiran: Tidore, 15 Oktober 1974
Tinggi: 175 cm
Posisi: Gelandang
Persib: 1999-2002
No. Punggung: 14
Caps Persib: ?
Gol Persib: 6

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Ade Abdillah, Zinedine Zidane dari Tidore"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*