Usep Munandar, Pergi dan Tidak Pernah Kembali

Usep Munandar @epaper pikiran rakyat

USEP Munandar adalah pemain muda Persib yang coba dipromosikan pelatih asal Cile Juan Antonio Paez di Liga Indonesia (LI) X/2004. Bek kelahiran Bandung, 17 Desember 1981 itu dipulangkan dari klub pembuka karier profesionalnya, Barito Putera.

Kembali ke Bandung pada usia yang masih relatif muda, 23 tahun, tidak mudah bagi Usep untuk mendapatkan kesempatan bermain. Apalagi di sektor pertahanan Persib ketika itu masih ada sosok Dadang Hidayat, Suwandi Hadi Siswoyo, dan Cluadio Lizama.

Butuh satu musim Usep menjalani proses adaptasi di tanah kelahirannya. Pada LI XI/2005, ketika tongkat kepelatihan berganti ke tangan Indra M. Tohir, Usep mulai menjadi pilihan di lini belakang. Ia sering dipasang sebagai trio lini pertahanan bersama Dadang Hidayat dan Antonio “Toyo” Claudio.

Starter Persib 2005, Berdiri (ki-ka): Cecep Supriatna, Dadang Hidayat, Antonio Claudio, Uilian Souza Da Silva, Boy Jati Asmara, Usep Munandar; Jongkok (ki-ka) Suwita Pata, Gilang Angga Kusumah, Imral Usman, Aji Nurpijal, Yaris Riyadi. @mangdien.blogspot.com

Ketika Dahi — sapaan akrab Dadang Hidayat — memutuskan pensiun, Usep semakin matang di LI XII/2006. Bersama Charis Yulianto dan Toyo, trio sektor pertahanan Persib ini praktis tak tergantikan, baik ketika ditangani pelatih Risnandar Soendoro maupun Arcan Iurie Anatolievici.

Bahkan, ketika Iurie dipertahankan untuk menangani tim pada LI XIII/2007, Usep termasuk pemain yang direkomendasikan untuk dipertahankan. Namun, Usep memutuskan lain. Ia memilih pamitan untuk melanjutkan kariernya di luar Bandung usai LI XII/2006 berakhir.

Meski sempat beredar alasan ketidakcocokan dengan pelatih, kabar tersebut menguap begitu saja sampai akhirnya Usep pergi berkelana ke berbagai klub di Indonesia dan tak pernah kembali ke Persib.

DATA DIRI

Nama: Usep Munandar
Kelahiran: Bandung, 17 Desember 1981
Tinggi: 178 cm
Berat: 71 kg
Posisi: Belakang
Persib: 2004-2006
No. Punggung: 28 (LI 2004), 18 (LI 2005-2006)
Caps Persib: ? (LI 2004), 23 (LI 2005), 22 (LI 2006)
Gol Persib: 0

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Usep Munandar, Pergi dan Tidak Pernah Kembali"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*