Iwan Sunarya, Si Bengal yang Terkenal dengan Kemampuan Running With the Ball

Iwan Sunarya (kiri), Adjat Sudradjat dan Bambang Sukowiyono. @gilang_mahesa

IWAN Sunarya merupakan pemain yang terlahir di era keemasan Persib pada dekade 1980-an. Sebagai pemain muda, nama Onyon — sapaan akrabnya — mencuat pada saat pergantian generasi pemain era 1970-an ke 80-an.

Promosi dari Persib U-19 yang menjadi runner-up Piala Suratin 1983, Onyon menjadi bagian penting kebangkitan Persib yang baru kembali ke kompetisi kasta tertinggi setelah dua musim (1979 dan 1980/1983) berjuang di Kompetisi Divisi I Perserikatan.

Meskipun demikian, nama Iwan Sunarya baru bisa sejajar dengan Adjat Sudrajat, Bambang Sukwiyono, Adeng Hudaya Robby Darwis, Wawan Karnawan, Kosasih, Dede dan Iskandar pada musim 1985. Di tengah dominasi Adjat, “Si Bengal” ini menyelinap dengan permainan menawannya di lini tengah dan sumbangan 4 gol, termasuk di laga puncak, sepanjang musim tersebut. Sayang, Persib kembali gagal menjadi kampiun pada Kompetisi Perserikatan 1985 lantaran kalah adu penalti lagi lawan PSMS Medan.

Kebintangan pemain yang terkenal dengan teknik running with the ball ini benar-benar menyinari persepakbolaan nasional pada Kompetisi Perserikatan 1986. Selain berperan besar membumikan gelar juara, Onyon juga tampil sebagai pencetak gol tersubur Persib sepanjang musim itu dengan koleksi 5 gol. Jumlah gol yang dicetaknya lebih banyak ketimbang Wawan Karnawan (4), Adjat Sudradjat dan Djadjang Nurdjaman (3).

Peran Onyon sebagai mesin gol Persib berlanjut pada musim berikutnya. Dengan koleksi 4 gol, ia menjadi yang tersubur sepanjang Kompetisi Perserikatan 1986/1987. Sayang, Persib gagal mempertahankan gelar akibat penampilan kurang mengesankan di babak 6 Besar.

Pada musim berikutnya, Kompetisi Perserikatan 1987/1988, Iwan Sunarya masih berkibar dengan sumbangan dua golnya. Namun, karena tersandung tudingan kasus suap, Onyon harus terdepak dari skuad Persib di akhir musim bersama Sukowiyono dan tak pernah kembali membela Persib.

DATA DIRI

Nama: Iwan Sunarya
Kelahiran:
Tinggi:
Berat
:
Posisi: Gelandang
Persib: 1983-1988
No. Punggung:
Caps Persib:
Gol Persib: 15

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Iwan Sunarya, Si Bengal yang Terkenal dengan Kemampuan Running With the Ball"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*