Suhendar “Persib 86”, Spesialis Pencetak Gol di Luar Bandung

Suhendar (berdiri kedua dari kiri). @kangope/dok yon saryoni

PERSIB pernah mengalami masa keemasan di era 1960-an dan 1980-an. Entah kebetulan atau tidak, di dua masa itu terdapat pemain Persib bernama Suhendar. Selain nama, keduanya mempersembahkan trofi juara untuk Pangeran Biru pada Kejurnas PSSI 1961 dan Kompetisi Perserikatan 1986.

Nah, yang akan diceritakan dalam tulisan ini adalah Suhendar “Persib 86”. Meski sudah bergabung sejak junior di pertengahan dekade 1970-an, nama Suhendar mencuat bersamaan dengan promosinya Persib ke Divisi Utama Kompetisi Perserikatan 1983. Yang menarik pada saat itu, Suhendar “Persib 1961” juga berada di tim sebagai asisten pelatih.

Setelah Persib kembali ke jajaran elite sepakbola nasional, Suhendar yang berposisi sebagau striker untuk pertama kalinya mencetak gol ke gawang PSP Padang di Stadion Menteng Jakarta pada Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1985. Dalam pertandingan pembuka putaran kedua, 31 Januari 1985 itu, Persib mencatat kemenangan 4-0.

Masih di Stadion Menteng, tiga hari berselang, Suhendar mencetak gol keduanya untuk menyelamatkan Persib dari kekalahan atas Perseman Manokwari. Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Adolf Kabo menit 55, pertandingan berakhir imbang 1-1.

Pada musim berikutnya, ketika Persib akhirnya menjadi juara usai mengalahkan Perseman, Suhendar kembali menyumbangkan dua gol. Yang menarik, dua gol Suhendar dicetak ke gawang Perseman saat Persib “dibantunya” lolos ke final lewat kemenangan 6-0 di Stadion Utama Senayan Jakarta, 6 Maret 1986.

Di tengah serbuan pemain muda, Suhendar masih bertahan di dalam skuad Persib menuju Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1986/1987. Sebagai andalan di lini depan, Suhendar masih mampu menyumbangkan dua gol saat Persib menundukkan Persiraja 4-0 di Banda Aceh. Sayang, Persib gagal mempertahankan gelarnya dan Suhendar mengakhiri kariernya bersama Maung Bandung dengan catatan spesialis pencetak gol di luar Bandung pada laga resmi.

DATA DIRI

Nama: Suhendar
Kelahiran:
Tinggi/Berat:
Posisi:
Penyerang
Persib: 1976-1987
No. Punggung:
Caps Persib:
Gol Persib:
6

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Suhendar “Persib 86”, Spesialis Pencetak Gol di Luar Bandung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*