10 November 1983: Encas Tonif Murka Digantikan Kosasih, Persib Kalah Adu Penalti dari PSMS

Persib 1983: Berdiri ki-ka: Encas Tonif, Dede Iskandar, Sobur, Bambang Sukowiyono, Wawan Karnawan, Giantoro (c); Jongkok ki-ka: Adeng Hudaya, Suryamin, Wolter Sulu, Adjat Sudrajat, Robby Darwis @Facebook Zomski

Puluhan ribu bobotoh harus pulang ke Bandung dengan membawa kekecewaan. Sebab, Persib yang didukung habis-habisan gagal menjuarai Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1983 setelah dikalahkan PSMS Medan 2-3 lewat drama adu penalti di Stadion Utama Senayan Jakarta, Kamis (10/11/1983).

Dalam waktu normal dan babak perpanjangan, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Akibatnya, penentuan pemenang harus dilakukan melalui adu tendangan penalti.

Dalam adu tendangan 11 meter, tiga penendang PSMS, Sunardi A, Sunardi B dan Suherman sukses menaklukan penjaga gawang Persib, Sobur. Sebaliknya dari Persib, hanya Bambang Sukowiyono dan Wawan Karnawan yang mampu mengelabui “Si Tangan Emas” Ponirin Meka. Tiga eksekutor lainnya, Wolter Sulu, Adjat Sudradjat dan kapten tim Giantoro gagal.

“Persib mohon maaf karena telah gagal mempersembahkan gelar juara kepada masyarakat Jabar yang telah mendukung penuh perjuangan Persib sejak awal hingga final,” ujar Solihin GP seperti dikutip dari Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 11 November 1983.

Pertandingan final pun sempat diwarnai insiden kemarahan Encas Tonif yang digantikan Kosasih. Encas marah karena merasa ia masih mampu dan punya ambisi mempersembahkan gelar juara di pengujung kariernya bersama Persib.

Dalam pertandingan final, pelatih Persib, Omo Suratmo memainkan komposisi tim Sobur (kiper), Suryamin/Adjid Hermawan, Dede Iskandar, Robby Darwis, Giantoro, Encas Tonif/Kosasih, Bambang Sukowiyono, Wolter Sulu, Adjat Sudradjat, Adeng Hudaya, dan Wawan Karnawan.

Meskipun gagal juara, Persib sedikit terhibur oleh dua gelar individu, pemain tebaik dan pencetak gol terbanyak yang diborong Adjat Sudradjat.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "10 November 1983: Encas Tonif Murka Digantikan Kosasih, Persib Kalah Adu Penalti dari PSMS"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*