Tatang Supriatna, Striker Andalan di Musim Sulit Persib

Tatang Supriatna (paling kiri)

Tatang Supriatna merupakan salah seorang striker yang dipromosikan pelatih Suryamin pada pertengahan Liga Indonesia (LI) V/1998-1999. Penyerang asal Lembang ini didatangkan setelah pengurus mendepak lima pemain senior, Robby Darwis, Yadi Mulyadi, Sutiono Lamso, Roy Darwis dan penjaga gawang Gatot Prasetyo.

Diproyeksikan meneruskan peran Sutiono dan Asep Dayat, Tatang dipromosikan bersama Heru Saptaji dan Sujana. Bahkan, Tatang langsung dipercaya Suryamin untuk manggung di kompetisi yang berat buat Persib itu lantaran ancaman degradasi yang terus membayangi.

Pada pertandingan pertama putaran kedua, Tatang langsung menjawab kepercayaan pelatih. Bertanding di Stadion Tri Dharma Gresik, Minggu (6/12/1998), Tatang mencetak gol pertamanya untuk Persib ke gawang Petrokimia Putra. Sayang, gol pertama yang dibuatnya gagal menyelamatkan Bulao dari kekalahan.

Itu bukan satu-satunya gol yang disumbangkan Tatang pada musim pertamanya bersama Persib. Ketika dipermalukan Persija 1-3 di laga pamungkas Grup B Wilayah Barat di Stadion Siliwangi, 14 Februari 1998, Tatang juga mencetak gol semata wayang Maung Bandung.

Berbekal dua gol pada musim pertamanya, Tatang dipertahankan Suryamin untuk LI VI/1999-2000. Di kompetisi yang relatif lebih panjang, bersama Heru Saptaji dan Zaenal Arif, Tatang menjadi andalan di lini depan. Pada musim yang ditandai pergantian pelatih dari Suryamin kepada Indra M. Tohir usai laga kelima ini, Tatang menyumbangkan dua gol yaitu ketika mengalahkan PSP Padang 2-0, 30 Januari 2000 dan Persiraja Banda Aceh 2-0 di Stadion Siliwangi, 6 Februari 2000.

Sayang, meski masih dipertahankan pelatih Indra M. Tohir, nama Tatang tenggelam di LI VII/2001. Tatang kalah bersaing dengan Sujana dan Nana Setia di lini depan. Bahkan, pada LI VIII/2002, nama Tatang sudah tidak tercantum lagi dalam skuad asuhan Deni Syamsudin.

DATA DIRI

Nama: Tatang Supriatna
Kelahiran: Bandung
Tinggi: 170 cm
Posisi: Striker
Persib: 1998-2001
No. Punggung: 10
Caps Persib:
Gol Persib: 4

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Tatang Supriatna, Striker Andalan di Musim Sulit Persib"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*