Zulham Effendi Gabung Persib di Musim Suram

Starter Persib 1976-1978 @kangope

NAMA Zulham Effendi sangat identik dengan PSMS Medan persepakbolaan Sumatra Utara. Namun, pemain yang sempat malang melintang bersama Tim Nasional Indonesia ini pun sempat berbaju Persib. Sayangnya, ia hanya berbaju Persib di musim suram Persib, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PSSI 1975-1978.

Zulham bergabung dengan para pemain Persib di masa itu seperti Risnandar, Nandar Iskandar, Atik, Max Timisela, Tjetjep, Herry Kiswanto dan Djadjang Nurdjaman.

Dalam catatan Bulao.ID, nama Zulham terdeteksi dari data pertandingan Persib kontra PSM Makassar di Pool B babak 18 Besar Kejurnas PSSI 1975/1978 di Stadion Bima Cirebon, 12 Januari 1978. Dalam pertandingan yang dimenangkan Persib 3-0 ini, Zulham menyumbangkan satu gol.

Tiga hari berselang di tempat yang sama, Zulham kembali menyumbangkan satu gol saat Persib menundukkan Perseban Banjarmasin 2-0.

Persib memang lolos ke babak 8 Besar. Tapi, Zulham gagal membantu Persib lolos ke Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1978/1979 setelah dikalahkan Persiraja Banda Aceh 1-2 pada babak play-off perebutan peringkat 5 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakrta, 27 Januari 1978.

DATA DIRI

Nama: Zulham Effendi
Kelahiran:
Tinggi/Berat:
Posisi: Depan
Persib:
No. Punggung:
Caps Persib:
Gol Persib:

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Zulham Effendi Gabung Persib di Musim Suram"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*