Dede Rosadi, Pemain Kunci di Saat Persib Juara

Starter Persib di Kompetisi Perserikatan 1991/1992. @KangOpe

DEDE Rosadi merupakan pemain depan Persib yang lahir di era generasi emas 1980-an. Namanya mulai tercatat sebagai anggota skuad Persib ada Kompetisi Perserikatan 1985 ketika sederet bintang besar bercokol. Tidak mengherankan jika pada musim itu, Dede belum banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Nama Dede mulai mencuat di putaran final Kompetisi Perserikatan 1986. Ketika, setelah hanya bermain imbang tanpa gol dengan PSM Makassar dan kalah 2-3 dari Persija Jakarta, Dede menjadi kunci kebangkitan Persib pada partai ketiga kontra PSIS Semarang, 1 Maret 1986. Sempat kembali dihantui kekalahan akibat gol Ribut Waidi di menit keempat, Dede mencetak gol penyeimbang menit 60 sebelum Adjat Sudradjat memastikan kemenangan perdana Persib di menit 80.

Setelah kembali imbang 0-0 dengan PSMS Medan, Dede menyumbangkan satu dari enam gol Persib ke gawang Perseman Manokwari dalam pertandingan “dramatis” yang menentukan langkah Pangeran Biru ke grandfinal. Di partai puncak, Persib tampil sebagai kampiun usai mengalahkan Perseman 1-0.

Pada musim berikutnya, Persib kehilangan gelar juara. Namun, Dede masih sempat menyumbangkan satu gol saat Persib mengalahkan PSMS 2-0 di Stadion Siliwangi Bandung, 25 Januari 1987.

Di Kometisi Perserikatan 1987/1988, ketika sejumlah pemain anyar masuk, Dede masih mamu bertahan. Pada musim ini, Dede menyumbangkan 2 gol untuk Persib yaitu ke gawang PSMS dan Persipura Jayapura.

Nama Dede kembali menjadi buah bibir saat Persib menjuarai Kompetisi Perserikatan 1989/1990. Maklum, ia menjadi pemain kunci di dua pertandingan krusial, semifinal dan final. Di semifinal, Dede menyumbangkan satu dari tiga gol kemenangan Persib atas PSM. Sedangkan di final, Dede menghabisi perlawanan Persebaya lewat golnya ada menit 59. Sebelumnya, Persib sudah unggul 1-0 lewat gol bunuh diri Subangkit.

Dede mengakhiri kebersamaannya dengan Persib pada Kompetisi Perserikatan 1991/1992. Persib memang gagal mempertahankan gelarnya, tapi Dede masih bisa menyumbangkan dua gol untuk tim yang membesarkannya.

DATA DIRI

Nama: Dede Rosadi
Kelahiran:
Tinggi/Berat:
Posisi: Depan
Persib: 1985-1992
No. Punggung:
Caps Persib:
Gol Persib: 7

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Dede Rosadi, Pemain Kunci di Saat Persib Juara"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*