5 April 2003: Pemain Asing Cetak Gol Pertama, Persib Ditekuk PSM

PERSIB 2003 (Berdiri Ki-Ka): Andrian Mardiansyah, Suladi, Piotr Orlinski, Asep Dayat, Maciej Dolega, Mariusz Mucharski; (Jongkok Ki-Ka): Jeffry Prasetyo, M. Yusuf, Yosep Nandang, Dicky Firasat, Dadang Hidayat. @pikiran-rakyat.com

MACIEJ Dolega menjadi pemain asing pertama yang mencetak gol untuk Persib. Itu terjadi pada pertandingan melawan PSM Makassar di Liga Indonesia (LI) IX/2003 yang dimainkan di Stadion Matoangin Makassar, 5 April 2003. Namun, dalam pertandingan ini, Bulao harus mengakui keunggulan PSM 1-3.

Meski sudah memperkuat Persib sejak awal musim bersama penjaga gawang Mariusz Mucharski dan Piotr Orlinski, Dolega harus menunggu hingga pertandingan ke-16 Persib untuk menjebol gawang lawan. Itu dilakukannya pada menit ke-39.

Gol Dolega sempat menyeimbangkan ketertinggalan Persib yang gawangnya dibobol striker PSM, Oscar Aravena pada menit 15. Dua gol penentu kemenangan PSM dicetak Cristian Gonzales menit 31 dan Arevena 76.

Sebagai catatan, Mucharski, Orlinski dan Dolega — semuanya dari Polandia — merupakan trio pemain asing pertama yang memperkuat Persib sejak era Liga Indonesia diputar pada tahun 1994. Pada musim itu, pelatih Persib yang juga berasal dari Polandia, Marek Andrejz Sledzianoswki sempat mendatangkan bek Pawel Bocian. Namun, pemain Polandia ini hanya sempat dua kali dimainkan sebelum dicoret kembali.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "5 April 2003: Pemain Asing Cetak Gol Pertama, Persib Ditekuk PSM"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*