22 Juni 2013: Bus Persib Diserang, Duel Kontra Persija di SUGBK Batal Digelar

Kondisi bus rombongan Persib yang diserang oknum pendukung Persija di depan Hotel Kartika Chandra Jakarta, Sabtu (22/6/2013). Foto diambil di Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek. @epaper pikiran rakyat

INSIDEN 4 September 2005 terulang. Persib dipaksa “balik kanan” saat menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (22/6/2013) untuk menghadapi Persija pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2013.

Keputusan itu diambil dengan alasan keamanan akibat penyerangan sekelompok orang di Jalan Gatot Subroto, depan Hotel Kartika Chandra, yang mengakibatkan kaca bus bagian depan dan samping hancur dan beberapa pemain dan ofisial terluka. Rombongan Persib sempat dikabarkan langsung pulang ke Bandung.

Sementara itu, dari SUGBK dilaporkan, sejumlah pendukung Persija sempat datang meskipun pihak keamanan sudah memutuskan pertandingan tanpa penonton. Soal status laga, pengawas pertandingan hanya mengambil keputusan pertandingan tidak bisa dilaksanakan sesuai jadwal. Keputusan lanjutan akan diambil PSSI.

Informasi penyerangan bus Persib menjelang laga kontra Persija itu memicu kemarahan bobotoh di Bandung. Tanpa komando, puluhan ribu bobotoh menyerbu gerbang tol Pasteur untuk melakukan penjemputan. Isu sweeping terhadap mobil plat B sebagai balasan atas aksi penyerangan pun sempat merebak. Bahkan, beberapa mobil berpelat Jakarta sempat menjadi korban kemarahan bobotoh.

Puluhan ribu bobotoh melumpuhkan Jalan Pasteur hingga Jembatan Paspati untuk menjemput kedatangan rombongan Persib yang mendapatkan penyerangan di Jakarta, Sabtu (22/6/2013)

Aparat kepolisian dari Polrestabes Bandung pun dipaksa bekerja keras meredam isu tersebut dan mengamankan bobotoh di sepanjang Jalan Pasteur dan Jembatan Pasopati yang praktis lumpuh. Kemacetan pun terjadi di mana-mana hingga malam tiba.

Bobotoh baru membubarkan diri sekitar pukul 20.00 WIB setelah mendapatkan informasi rombongan Persib tidak langsung kembali ke Bandung.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "22 Juni 2013: Bus Persib Diserang, Duel Kontra Persija di SUGBK Batal Digelar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*