6 Maret 1986: Bantai Perseman 6-0, Persib Buka Jalan ke Grandfinal

Starter Persib 1986. @tukangpulas

Persib berpeluang besar lolos ke grand final usai meraih kemenangan besar 6-0 atas Perseman Manokwari pada pertandingan penentuan babak 6 Besar di Stadion Utama Senayan Jakarta, Kamis (6/3/1986).

Kekalahan telak Perseman yang membabat semua lawannya dalam empat pertandingan sebelumnya tentu saja mengundang suara miring, terutama dari kubu Persija dan PSMS yang merasa jalannya ke grandfinal ditutup oleh kemenangan besar Persib. Perseman yang sudah memastikan lolos ke grandfinal dituding sengaja memberikan kemenangan besar itu kepada Persib.

Terlepas dari kontroversi tersebut, fakta di lapangan, pelatih Perseman, Pauu Cunming hanya menurunkan pemain lapis kedua di laga itu. Selain itu, penampilan mereka tak segarang di empat pertandingan sebelumnya.

Tidak mengherankan kalau kemudian para pemain terbaik Persib yang dimainkan pelatih Nandar Iskandar merajalela. Enam gol kemenangan Persib disumbangkan Bambang Sukowiyono pada menit 10, Suhendar (15 dan 72), Dede Rosadi (25), Iwan Sunarya (30) dan tendangan penalti Djadjang Nurdjaman di menit 72.

Berkat kemenangan itu, Persib berada di peringkat kedua klasemen sementara babak 6 Besar dengan nilai 6, hasil 2 kali menang, 2 imbang dan sekali kalah. Sedangkan Perseman tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan nilai 8.

Posisi Persib yang memiliki selisih gol 10-4 sebenarnya masih bisa digusur Persija dan PSMS yang sama-sama memiliki nilai 4 dan masih menyisakan satu pertandingan, keesokan harinya. Syaratnya, Persija bisa mengalahkan PSIS minimal dengan selisih empat gol dan PSMS membantai PSM lebih dari tujuh gol.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "6 Maret 1986: Bantai Perseman 6-0, Persib Buka Jalan ke Grandfinal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*