Senasib dengan Farshad Noor, 5 Pemain Asing Ini Gagal Bela Persib di Kompetisi/Liga

Gelandang Persib, Farshad Noor mengontrol bola pada pertandingan kontra PSS Sleman di babak semifinal leg pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (16/4/2021) @persib.co.id

FARSHAD Noor bukanlah pemain asing pertama yang gagal melanjutkan kontrak kerjasamanya hingga kompetisi bergulir, meskipun sudah membela Persib di turnamen pramusim. Sebelumnya, puluhan pemain asing, baik yang masih berstatus seleksi maupun sudah mendapatkan ikatan kontrak, pernah bernasib sama dengan kapten tim nasional Afghanistan tersebut. Siapa saja mereka?

Abaikan deretan nama pemain asing yang masih berstatus seleksi namun kemudian dipulangkan pelatih Persib. Kali ini, BULAO.ID hanya akan membahas lima pemain asing yang sudah mendapatkan ikatan kontrak, tapi gagal merumput bersama Persib di kompetisi atau pertandingan liga.

Kelima pemain asing tersebut adalah Fabiano Da Rosa Beltrame (Brasil), Srdjan Lopicic (Serbia), Erick Weeks Lewis (Liberia), David Ngan Pagbe (Kamerun) dan Aaron Da Silva (Brasil).

Fabiano Da Rosa Beltrame

Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Zainuri Hasyim mengenalkan Fabiano Da Rosa Beltrame kepada awak media di Graha Persib, Jalan Sulanjana Bandung, Sabtu (23/3/2019). @persib.co.id

Fabiano Da Rosa Beltrame didatangkan Persib menjelang bergulirnya Liga 1 2019. Perekrutan Fabiano sebenarnya cukup spekulatif karena pada saat itu ia masih berstatus pemain asing karena permohonan naturalisasinya masih dalam proses. Sementara Persib ketika itu sudah memiliki tiga pemain asing non-Asia yaitu Srdjan Lopicic (Serbia), Bojan Malisic (Serbia), dan Ezechiel N’Douassel (Chad).

Ketika kemudian kontrak Lopicic diputus pada bulan April 2019, Persib malah mendatangkan Rene Mihelic (Slovenia) dan Artur Gevorkyan (Turkmenistan). Akibatnya, Fabiano tak bisa didaftarkan Persib di Liga 1 2021 karena proses naturalisasinya tak kunjung rampung.

Pemain kelahiran 29 Agustus 1982 itu baru bisa memperkuat Persib di kompetisi resmi setelah kontraknya diperpanjang untuk Liga 1 2020. Uniknya, Fabiano hanya memainkan debutnya bersama Persib selama semenit pada pertandingan kontra Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, 8 Maret 2020. Dalam pertandingan yang dimenangkan Persib 2-1 ini, Fabiano masuk pada menit 89 menggantikan Supardi Nasir Bujang.

Srdjan Lopicic

Srdjan Lopicic @persib.co.id

Srdjan Lopicic adalah gelandang asal Serbia yang direkrut pelatih Persib, Miljan Radovic menjelang bergulirnya Liga 1 2019. Ia mendapatkan durasi kontrak satu tahun.

Namun, karena performanya dinilai tidak sesuai ekspektasi, manajemen klub memutus kontrak Lopicic pada akhir April menjelang bergulirnya Liga 1 2019. Posisinya digantikan Rene Mihelic dari Slovenia.

Sebelum didepak, Lopicic sempat memperkuat Persib di turnamen resmi Piala Indonesia 2018/2019 dengan catatan 4 penampilan dan 1 gol serta Piala Presiden 2019 dengan sekali penampilan.

Erick Week Lewis

Erick Weeks Lewis diperkenalkan kepada pulik Bandung. @persib.co.id

Erick Weeks Lewis merupakan gelandang asal Liberia yang dikontrak Persib pada akhir Januari 2017. Gelandang yang musim sebelumnya berbaju Madura United itu menjadi pemain asing ketiga Persib setelah Vladimir Vujovic (Montenegro) dan Shohei Matsunaga (Jepang).

Sebagian ujian awal, pemain yang pernah berkibar bersama Persiwa Wamena ini memperkuat Persib di Piala Presiden 2017. Kendati Persib bisa tampil hingga menempati peringkat ketiga, Erick Weeks hanya tampil dalam tiga pertandingan yakni melawan PSM Makassar, Persiba Balikpapan (penyisihan grup) dan Mitra Kukar (perempat final).

Karena performanya dinilai tak sesuai harapan, plus cedera yang dialaminya, kontrak Erick Weeks tidak dilanjutkan untuk Liga 1 2017. Kontraknya diputus sebelum Piala Presiden 2017 berakhir.

Aron Muniz Teixeira Da Silva

Aron Munix Teixeira Da Silva @simamaung.com

Aron Da Silva merupakan striker asal Brasil yang direkrut Persib dari klub Thailand, Osotspa Saraburi pada akhir Januari Februari 2016. Ia diproyeksikan memperkuat Persib di musim 2016 yang bakal segera bergulir.

Namun, kurang dari dua pekan, bahkan setelah ia memboyong anak istrinya ke Bandung, Aron memutuskan untuk kembali ke Thailand tanpa penjelasan pasti. Belakangan diketahui, ia memilih membatalkan kontrak karena persoalan pribadinya.

Akibatnya, bukan hanya kompetisi, Aron pun batal tampil membela Persib di turnamen Bali Island Cup 2016. Ini merupakan kegagalan kedua kali Aron bergabung dengan Persib setelah tahun 2014.

David Ngan Pagbe

David Ngan Pagbe @simamaung.com

David Ngan Pagbe adalah bek asal Kamerun yang dikontrak Persib pada pertengahan November 2015. Ketika itu, pelatih Djadjang Nurdjaman merekrutnya untuk mengisi pos yang ditinggalkan Vladimir Vujovic. Pemain kelahiran 18 Oktober 1978 itu diproyeksikan tampil di Piala Jenderal Sudirman (PJS) dan persiapan menyongsong musim kompetisi 2016.

Namun, setelah turnamen Piala Jenderal Sudirman berakhir — Persib terhenti di babak penyisihan grup — kontrak Pagbe tak berlanjut sehingga ia tidak pernah merasakan kompetisi bersama Persib.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Senasib dengan Farshad Noor, 5 Pemain Asing Ini Gagal Bela Persib di Kompetisi/Liga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*