Petualangan Singkat Farshad Noor Bersama Persib

Gelandang Persib, Farshad Noor mengontrol bola pada pertandingan kontra PSS Sleman di babak semifinal leg pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (16/4/2021) @persib.co.id

SELAMAT datang Farshad Noor. Wilujeng Sumping di Tatar Parahyangan. Demikian ucapan selamat datang yang disampaikan Persib pada saat merilis pengumuman bergabungnya gelandang berdarah Afghanistan tersebut pada Minggu, 21 Maret 2021, tepat pukul 11.00 WIB.

Dalam pengumumannya disebutkan, Farshad merupakan pemain Tim Nasional Afghanistan yang pernah memperkuat klub raksasa Belanda, PSV Eindhoven. Ia didatangkan dari klub Liga Utama Siprus, Nea Salamis dengan status free transfer.

Masih di hari yang sama, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono mengungkapkan, Farshad sudah tiba di Tanah Air. Namun, ia belum bisa bergabung dengan tim yang akan berangkat ke Sleman untuk memainkan laga Grup D Piala Menpora 2021 lantaran harus menjalani karantina selama enam hari.

Meskipun demikian, nama Farshad sudah ada dalam daftar 23 pemain Persib yang diboyong ke Sleman. “Dia dijadwalkan akan bergabung sekitar enam hari lagi, karena harus karantina terlebih dahulu,” kata Teddy.

Soal kedatangan Farshad, pelatih Robert Alberts pun angkat bicara. Meski menyebut sebagai pemain berkualitas, pelatih asal Belanda ini masih ingin melihat kapasitas dan kemampuan adaptasinya di Piala Menpora 2021.

“Saya sudah melihat penampilan Farshad (Noor) dan juga beberapa pemain lain. Farshad pemain berkualitas, tapi kita lihat saja bagaimana penampilannya di pertandingan dan kemampuan beradaptasi dengan tim,” katanya.

Sesuai rencana, setelah menjalani karantina di sebuah hotel di Jakarta, gelandang kelahiran 2 Oktober 1994 itu bergabung dengan rombongan Persib di Hotel Grand Mercure Sleman, Jumat, 26 Maret 2021 siang. Sebelumnya, Persib sudah memainkan laga perdananya di Piala Menpora melawan Bali United. Hasilnya 1-1.

Farshad Noor (kanan) berbincang dengan pelatih Persib, Robert Alberts setibanya di Hotel Grand Mercure Yogyakarta, Jumat (26/3/2021). @persib.co.id

“Saya mendapat sambutan yang sangat hangat. Rekan-rekan yang sangat hormat dan staf. Saya sangat antusias ingin memulai ini semua dengan suasana yang luar biasa,” demikian kesan pertama Farshad saat bergabung dengan tim.

Setelah beristirahat semalam, pemain yang memilih jersey bernomor punggung 5 ini memulai latihan perdananya dengan menu fitnes. Meski baru bergabung, Robert berencana memberi kesempatan tampil kepadanya pada matchday kedua kontra Persita Tangerang, Senin, 29 Maret 2021.

Farshad Noor menjalani latihan perdananya bersama Persib di Pusat Kebugaran Hotel Grand Mercure Yogyakarta, Sabtu (27/3/2021). @persib

Saat matchday 2 tiba, Robert memenuhi janjinya memainkan Farshad. Ia dimainkan pada menit 83 menggantikan Dedi Kusnandar. “Farshad masih menyesuaikan diri dengan cuaca dan budaya di sini, dan gaya bermain tim. Kami masih menantikan permainan terbaiknya, tapi penting bagi Farshad untuk mencicipi atmosfer pertandingan,” kata Robert.

“Saya bersyukur pelatih kasih saya kesempatan meski terbilang pendek karena saya pun perlu dalam kondisi bugar lebih dulu. Saya berjuang untuk mencapai kondisi itu setiap harinya,” timpal Farshad.

Farshad Noor menjalani debutnya bersama Persib saat mengalahkan Persita Tangerang 3-1 pada matchday 2 Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Senin (29/3/2021). @persib.co.id

Setelah itu, Farshad secara reguler mendapatkan kesempatan bermain dari Robert, termasuk di dua laga final kontra Persija Jakarta. Dari tujuh pertandingan, 4 starter dan 3 pengganti, ia bermain selama 303 menit. Farshad berada di peringkat ke-13 pemain yang mendapatkan menit bermain terlama.

Setelah mengakhiri turnamen sebagai runner-up, seluruh anggota skuad Persib pulang ke Bandung usai pertandingan final leg kedua kontra Persija di Stadion Manahan Solo, Minggu, 25 April 2021.

Diiringi caci maki bobotoh, terutama di media sosial, serta insiden penyerangan Graha Persib, tiga bus rombongan Persib menembus malam menuju ke Bandung. Mereka, termasuk Farshad tiba di Bandung pada Senin, 26 April 2021 siang. Setelah beristirahat, pada sore harinya, seluruh anggota skuad Persib berkumpul di Hotel Crown, Jln. Lembong Kota Bandung, untuk menghadiri acara buka puasa bersama.

Nah, pada saat itulah nasib Farshad diputuskan. Robert mengumumkan jika Persib terpaksa harus mengakhiri kerjasama dengan Farshad karena penampilannya dinilai tak sesuai ekspektasi.

“Saya pikir, pemain dengan latar belakang seperti dirinya bisa membuat lebih dari itu. Saya tidak hanya memberinya satu kesempatan. Dia (Farshad Noor) mengerti, penampilannya berada di bawah kapasitas,” kata Robert.

Meski demikian, baru keesokan harinya Persib mengumumkan secara resmi perpisahan dengan Farshad.

“PERSIB secara resmi mengumumkan tidak lagi memperpanjang kerja sama dengan Farshad Noor dan menyampaikan hatur nuhun kepada gelandang berkebangsaan Afghanistan tersebut,” tulis laman resmi kub.

Bagaimana reaksi Farshad? Tentu saja ia kecewa. “Terima kasih atas sambutan hangat PERSIB dan pengalaman indah ini. Sayang, saya tidak punya waktu lebih lama untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya, tapi sesuatu terjadi karena ada alasan,” tulis Farshad melalui akun Instagram @farshadnoor5, Selasa, 27 April 2021.

Kini, Farshad tak lagi menjadi bagian dari Persib. Petualangannya singkatnya diawali dengan ucapan “Wilujeng sumping” dan diakhiri “Hatur nuhun”.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Petualangan Singkat Farshad Noor Bersama Persib"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*