Persib vs Barito Putera, Ujian Kedalaman Skuad Robert Alberts

Marc Anthony Klok berpeluang menjalani debut resmi bersama Persib di laga kontra Barito Putera di Stadion Indomilk Arena Tangerang, Sabtu (4/9/2021). @persib.co.id

Persib akan memulai perjuangannya menuju takhta juara BRI Liga 1 2021/2022 dengan menghadapi Barito Putera di Stadion Indomilk Arena Tangerang, Sabtu (4/9/2021), pukul 20.30 WIB. Bertindak sebagai tuan rumah, Bulao — seperti 17 kontestan lainnya — terpaksa harus menggelar laga di luar kandang sesuai regulasi dan format kompetisi di tengah pandemi Covid-19.

Bagi pelatih Robert Alberts, pertandingan pertama ini akan langsung menjadi ujian kedalaman skuadnya. Maklum, dari 30 pemain yang didaftarkan, hanya 19 pemain yang bisa dimainkan. Sisanya terpaksa absen akibat cedera, masalah kesehatan, hingga belum memenuhi syarat regulasi protokol kesehatan, teruatam dua kali vaksin.

Persiapan tak ideal dan kondisi terkini pasukannya menjadi pemicu Robert menyatakan jika pertandingan ini sangat menantang. “Kami memiliki tuntutan (menang). Dengan kualitas tim ini, kami harus mampu mengatasinya. Pemain absen harus diganti oleh yang lain,” katanya.

Beberapa pemain pilar yang absen adalah dua bek kanan Supardi Nasir Bujang dan Henhen Herdina, serta striker asal Belanda, Geoffrey Castillion. Nah, untuk mengisi kekosongan di sektor bek kanan, Robert hanya memiliki pilihan Bayu Mohamad Fiqri dalam daftar 19 pemain yang diboyong ke Tangerang. Sedangkan posisi lainnya di belakang, baik bek tengah maupun kiri tergolong aman karena ada Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, dan Ardi Idrus.

Berbeda dengan posisi bek kanan yang lumayan kritis, absennya Castillion akibat sakit, tampaknya tidak terlalu memusingkan Robert. Maklum, di lini depan, stok pemain Persib tergolong mewah karena masih memiliki Wander Luiz dan Ezra Walian.

Di bawah mistar, Persib juga tanpa Teja Paku Alam. Tapi, Robert masih punya I Made Wirawan, Muhammad Natshie Fadhil Mahbuby dan kiper Tim Nasional Indonesia, Muchamad Aqil Savik.

Sedangkan di lini tengah, dua motor serangan anyar diperkirakan bakal menjalani debut resmi bersama Persib di laga ini. Mereka adalah Marc Anthony Klok dan Mohammed Bassim Rashid. Di sektor ini, baik gelandang bertahan maupun gelandang serang, Robert masih punya pilihan komplet. Meski Abdul Aziz absen, masih ada Esteban Vizcarra, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Frets Listanto Butuan, Beckham Putra Nugraha dan Erwin Ramdani.

“Untuk memenangkan pertandingan, kami harus all out, agresif dan baik dalam bertahan,” tutur Robert yang akan beradu strategi dengan mantan pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman di kubu Barito Putera.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Persib vs Barito Putera, Ujian Kedalaman Skuad Robert Alberts"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*