Mengenang Tiga Gol Febri Hariyadi ke Gawang Persebaya

Pemain Persib, Febri Hariyadi dan Kevin van Kippersluis merayakan gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat (18/10/2019). @liga-indonesia.id

Sejak era Liga Indonesia, Persib sudah 15 kali bertemu dengan Persebaya Surabaya, baik di kompetisi maupun turnamen. Menyambut duel klasik kedua tim yang “bersahabat” di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu 8 Desember 2021, pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022, tidak salah jika bobotoh mengenang tiga gol Febri Hariyadi ke gawang tim berjuluk “Bajul Ijo” tersebut.

Sebagai catatan, dari 15 kali duel kedua tim, bersama Cristian Gonzales, Febri merupakan pencetak gol terbanyak Persib ke gawang Persebaya. Ketiga gol tersebut dicetak ke gawang Persebaya pada pertemuan di Liga 1 2018 dan Liga 1 2019.

Gol pertama Bow — sapaan gelandang serang Persib tersebut, terjadi pada pekan ke-26 Liga 1 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, 20 Oktober 2018. Dalam pertandingan usiran akibat hukuman Komisi Disiplin (Komdis) PSSI ini, Bow membobol gawang Persebaya pada menit 19 melalui tandukan kepalanya, memanfaatkan sepak pojok yang dikirimkan Ghozali Muharam Siregar.

Gol tersebut menyamakan skor menjadi 1-1 setelah Persib sempat tertinggal oleh gol Irfan Jaya pada menit 17. Namun, di akhir laga, Bulao harus mengakui keunggulan Persebaya 1-4. Tiga gol tambanhan Persebaya yang ketika itu ditangani pelatih Djadjang Nurdjaman dibuat Fandi Eko Utomo pada menit 42 dan 76, serta Osvaldo Ardiles Haay menit 80.

Setahun berselang, masih di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Febri membalas kekalahan tersebut dengan mencetak brace ke gawang Persebaya untuk mengantarkan Persib meraih kemenangan 4-1 pada pekan ke-23 Liga 1 2019. Jamuan Persib terhadap Persebaya masih dilakukan di Gianyar karena tak mendapatkan izin pertandingan di Bandung.

Dalam pertandingan ini, Bow membuka keunggulan Persib pada menit 31. Mendapatkan bola pantulan di dalam kotak penalti, Bow mengecoh pemain belakang Persebaya untuk kemudian membobol gawang Miswar Saputra dengan tendangan kaki kanannya.

Sedangkan gol kedua Bow pada pertandingan ini dicetak pada menit 84 memanfaatkan umpan yang dikirimkan Ezechiel N’Douassel. Gol Febri ini menggenapkan kemenangan Persib menjadi 4-1.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Mengenang Tiga Gol Febri Hariyadi ke Gawang Persebaya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*