Mengingat Kembali Gol Bersejarah, Monumental dan Spektakuler Aji Nurpijal ke Gawang Persebaya

Bek sayap Persib, Aji Nurpijal menendang bola ke arah gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan lanjutan Liga Indonesia (LI) X/2004 di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (26/5/2004). @rdandrian17

Persib akan menghadapi Persebaya Surabaya pada pertandingan pekan ke-15 Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu 8 Desember 2021. Bagi boboko alias bobotoh kolot, kemungkinannya sangat besar bakal tetap mengenang gol bersejarah, monumental, dan spektakuler Aji “Rambo” Nurpijal di Liga Indonesia (LI) X/2004.

Momen 17 tahun silam tersebut terjadi di Stadion Siliwangi Bandung, 26 Mei 2004. Dalam pertandingan tersebut, Aji mencetak gol tunggal kemenangan Bulao atas Persebaya pada menit 37.

Gol tersebut bersejarah karena dicetak tepat di hari ulang tahun ke-23 Aji. Moumental karena itu merupakan gol pertama yang disumbangkannya untuk Persib. Aji pertama kali bergabung dengan Persib pada LI IX/2003 di era kepelatihan Marek Andrejz Sledzianowski.

Selain itu, gol tersebut juga bisa menghadirkan kemenangan pertama Persib atas Persebaya di era Liga Indonesia. Sebab, dalam dua pertemuan sebelumnya di babak 8 Besar LI VII/2001 dan putaran pertama LI X/2004, Persib selalu kalah 0-1. Itu artinya, Aji juga tercatat sebagai pemain Persib pertama yang mampu membobol gawang Persebaya di era Liga Indonesia.

Yang boleh jadi paling dikenang, gol Aji tergolong spektakuler. Bermain sebagai bek sayap kiri, Aji merangsek ke depan untuk membantu serangan tanpa mendapat hambatan berarti dari pemain Persebaya. Di depan kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras yang membentur mistar gawang sebelah kiri yang dikawal kiper Hendro Kartiko. Bola memantau diagonal dan bergulir masuk ke dalam gawang Bajul Ijo.

Di sepanjang babak kedua, meski berlangsung cukup menarik, pertandingan diganggu oleh kualitas lapangan yang buruk akiabt hujan deras yang sebelumnya mengguyur.

Pada menit 75, Persebaya harus kehilangan Mat Halil yang diusir wasit karena kartu kuning kedua usai melanggar Yaris Riyadi. Keunggulan 1-0 Persib bertahan hingga laga berakhir.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Mengingat Kembali Gol Bersejarah, Monumental dan Spektakuler Aji Nurpijal ke Gawang Persebaya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*