Castillion Pergi, David Da Silva Jadi Pengganti

Pemain Persib berfoto bersama Geoffrey Castillion usai pertandingan kontra Persik Kediri di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu 12 Desember 2021. @persib

Persib mengumumkan kepergian striker asal Belanda, Geoffrey Castillion pada Senin, 13 Desember 2021 pagi. Kurang dari 24 jam sebelumnya, menjelang tengah malam, Minggu 12 Desember 2021, Geo — sapaan akrabnya — sudah menyampaikan ucapan “selamat tinggal” buat Persib dan bobotoh. Tidak lama berselang, akun Persib pun mengumumkan nama David Da Silva, mantan striker Persebaya sebagai penggatinya.

“Hatur Nuhun. After many good time now we’ve to say good bye. Good Luck, Geoffrey,” tulis akun Twitter dan Instagram Persib, Senin, 13 Desember 2021.

Dengan demikian, Geofrey mengakhiri petualangannya bersama Persib dengan catatan 16 penampilan dan 5 gol. Geo datang pada awal musim Liga 1 2020 ekspektasi tinggi, membawa Persib juara musim itu.

Berduet dengan Wander Luiz yang juga striker anyar dari Brasil, Geo menjelma menjadi striker menakutkan di awal musim. Dalam tiga pertandingan pembuka, ia menyumbangkan 2 gol untuk Persib. Sedangkan Wander Luiz mencetak 4 gol lainnya.

Sayang, umur duet maut ini hanya berlangsung tiga pekan. Sebab, kompetisi terpaksa dihentikan pada pertengan Maret 2020 akibat bencana global berupa pandemi Covid-19. Meski sempat dijanjikan bakal kembali bergulir, Liga 1 2020 tak pernah hadir hingga tahun berganti.

Di masa-masa sulit tersebut, nasib baik sebenarnya menghampiri Geo. Klub Serie C Liga Italia, Como 1907 tertarik merekrutnya dengan status pinjaman. Karena itu, ketika seluruh pemain yang berkiprah di Indonesia hanya bisa berharap-harap cemas dengan diam “di rumah aja”, pemain kelahiran 25 Mei 1991 ini terbang ke Italia.

Sayang, seribu kali sayang, kabar yang berkembang, Geo tak banyak berperan di Como 1907 akibat cedera yang dialaminya sepanjang musim. Tidak mengherankan, ketika masa pinjamnya berakhir dan kembali ke Persib menjelang bergulirnya Liga 1 2021/2022, tak banyak cerita manis yang dibawa Castillion.

Meskipun demikian, ekspektasi Persib dan bobotoh akan kembalinya duet maut di musim baru tak pernah pudar. Faktanya, masalah cedera dan kebugaran tetap menghantui Geo. Sialnya, Wander Luiz juga ikut-ikutan mandul dalam tujuh pertandingan pembuka musim. Harapan bobotoh menjelang kompetisi bergulir pun berubah men jadi Caci-maki dan sumpah serapah di hampir setiap pertandingan Persib.

Dari 17 pertandingan yang dimainkan Persib pada putaran pertama, Geo hanya tampil 13 kali, 8 di antaranya sebagai pemain pengganti. Hanya lima kali ia tampil sebagai starter, itupun paling lama bermain 77 menit sebelum digantikan pemain lain.

Meskipun demikian, Geo masih sempat menyumbangkan tiga gol untuk Persib ke gawang Persipura Jayapura, Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Castillion Pergi, David Da Silva Jadi Pengganti"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*