Memesona di Persebaya, Menanti Kiprah David da Silva Bersama Persib

David da Silva ketika berbaju Persebaya Surabaya dan membobol gawang Persib pada pertandingan pekan ke-17 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, 26 Juli 2018. @persebaya.id

Sesaat setelah mengumumkan kepergian Geoffrey Wynton Mandelano Castillion, Persib secara resmi merilis perekrutan striker asal Brasil, David Aparecido da Silva, Senin, 13 Desember 2021. Diikat kontrak selama dua tahun, DDS — inisial David da Silva — direncanakan bergabung pada sesi latihan Persib pada pekan depan.

Karena pernah merumput bersama Persebaya di Indonesia, jejak DDS dengan mudah bisa ditemukan bobotoh. Apalagi, rekam jejak penyerang kelahiran Sao Paulo, 12 November 1989 yang terakhir berbaju Terengganu FC (Malaysia) ini tergolong cukup mentereng.

Setelah membela klub Qatar, Al Khor, DDS bergabung dengan Persebaya pada Liga 1 2018. Berdasarkan catatan BulaoID, pada musim pertamanya bersama Persebaya, DDS tampil dalam 23 pertandingan dengan mencetak 20 gol. Satu dari 20 gol DDS itu bersarang ke gawang Persib pada pertemuan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, 26 Juli 2018. Dalam pertandingan yang berakhir 4-3 untuk kemenangan Persib itu, DDS membobol gawang Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby pada menit 88.

Semusim bersama Persebaya, DDS bergabung dengan anggota K-League, Pohang Steelers. Wikipedia mencatat, DDS hanya tampil dalam 9 pertandingan dengan koleksi 2 gol sebelum akhirnya dilepas Pohang Steelers.

Persebaya yang tengah berbenah menghadapi putaran kedua Liga 1 2019 langsung menampungnya kembalinya. Sepanjang putaran kedua, DDS kembali moncer. Dari 17 pertandingan yang dimainkan, ia menyumbangkan 14 gol untuk Persebaya. Kemudian, pada Liga 1 2020, DDS sempat mencerak 1 gol dari 2 pertandingan Persebaya sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Di tengah ketidakpastian kompetisi di Indonesia, DDS hijrah ke klub Malaysia, Terengganu FC. Berbekal catatan 7 gol dari 15 pertandingan, DDS kembali ke Liga 1. Kali ini, jersey klub yang akan dikenakannya adalah Persib.

Bakal moncerkah penampilan DDS bersama Persib? Itu yang ditunggu publik sepakbola Bandung.

About the Author

ENDAN SUHENDRA
Journalist and writer

Be the first to comment on "Memesona di Persebaya, Menanti Kiprah David da Silva Bersama Persib"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*